Rabu, 20 April 2016

Wedang Alang-alang

Hampir semua orang tahu alang-alang. Alang-alang atau ilalang  (Imperata cylindrica) adalah sejenis rumput berdaun tajam yang merupakan gulma (tumbuhan pengganggu) para petani ternyata mempunyai manfaat di bidang kesehatan.
 Diantaranya yaitu sebagai pelembut kulit; peluruh air seni, pembersih darah, penambah nafsu makan, penghenti perdarahan dan lain-lainnya.
Di kudus rumput ini juga dijadikan bahan sebuah minuman, wedang alang-alang namanya. Penggemarnya juga terdiri dari semua golongan masyarakat.
Ada beberapa warung angkringan yg menjajakan wedang alang-alang tersebut, salah satunya ialah di Jl H.M Basuno dan di selatan Museum Kretek
Harga satu gelas wedang alang-alang hanya 2500 rupiah. Rata rata pembeli wedang ini juga sudah mengetahui tentang khasiat dari alang-alang.   
Pembuatan wedang alang-alang juga tidak sulit. Bahan utama dari wedang alang-alang yaitu terdiri dari akar alang alang, akar jambe, gula batu, daun sere dan daun pandan. 
Menikmati wedang alang-alang di warung pinggir jalan sambil melahap aneka gorengan dan juga nasi bungkus di malam hari terasa hangat dan nikmat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar